Hukum Tidur Setelah Sholat Ashar


Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani Rahimahullah ditanya tentang hukum tidur setelah shalat ashar, beliau menjawab, 

Hadits:

(من نام بعد العصر , فاختلس عقله , فلا يلومن إلا نفسه)

“Barangsiapa tidur setelah ashar kemudian ia kehilangan akalnya maka janganlah ia salahkan kecuali dirinya sendiri.”

adalah hadits dho’if. Marwan (selaku perawi) berkata: Aku katakan kepada Laits bin Sa’ad -saat aku melihatnya tidur setelah ashar-, Wahai Abul Harits mengapa kamu tidur setelah ashar, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi’ah… (kemudian Marwan menyebutkan hadits diatas)

Imam Laits bin Sa’ad menjawab, “Aku tidak akan meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagiku hanya karena hadits Ibnu Lahi’ah dari Aqil.” (karena riwayat Ibnu Lahi’ah adalah lemah, pent)

Asy-Syaikh Al-Albany melanjutkan, “Jawaban Laits ini membuat aku kagum, karena ini menunjukkan sebuah ilmu dan pemahaman, dan tidak mengherankan karena dia adalah Imam muslimin, dan fuqoha’ yang terkenal. Tapi aku sekarang banyak mendapati para syaikh yang melarang tidur setelah ashar, padahal mereka butuh dengannya. Apabila disampaikan kepadanya: “hadits tentang perkara ini adalah dho’if”, dia akan menjawabmu dengan entengnya, “Hadits dho’if boleh diamalkan pada fadhoil a’mal.”

Maka perhatikanlah perbedaan keilmuan salaf (ulama’ terdahulu) dengan kholaf (ulama sekarang).

[ As-Silsilah Al-Ahadits Adh-Dho’ifah no.39]

5 pemikiran pada “Hukum Tidur Setelah Sholat Ashar

  1. coba aja km amalkan tidur bada ashar.. Dan rasakan efeknya. Selamat mencoba

    [ admin ]
    Alhamdulillah, terkadang saya tidur setelah ashar ketika membutuhkannya, seperti kecapean, pusing, atau yang lainnya. Itu saya lakukan karena tidak adanya larangan tentang hal itu. dan efeknya, saya merasakan kesegaran dan fresh setelah bangun……

    Suka

  2. admin
    Setuju…
    Jk sangat diperlukan tentunya Islam tdk melarang apalagi hadits di atas telah jelas kedudukannya. . . bhkn meskipun di waktu yg tdk ad alarangannya tp klo kelebihan tidur alias malas2an mk ini yg merusak badan juga dan menimbulkan kelelahan pada tubuh. . .

    Suka

Tinggalkan komentar