Perbedaan Hadats Besar dan Hadats Kecil (Syaikh Shalih Al-Fauzan)


Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan Hafizhahullahu Ta’ala ditanya, “Apakah yang dimaksud dengan hadats besar (akbar) dan juga hadats kecil (asghor)?

Beliau menjawab:

Hadats besar adalah (hadats) yang menyebabkan wajibnya mandi, seperti: haidh, junub, nifas. Ini yang dimaksud dengan hadats besar.

Adapun hadats kecil adalah yang menyebabkan wajibnya wudhu’, seperti: buar air kencing, buang air besar,  dan semua pembatal wudhu’.

Maka semua  perkara  yang hanya menyebabkan wajibnya wudhu’ adalah hadats kecil, sedangkan yang menyebabkan wajibnya mandi adalah hadats besar.

Antara keduanya ada perbedaan dari sisi lainnya yang berpengaruh kepada hukum atas keduanya, penjabarannya ada di kitab-kitab fiqih. wallahu a’lam

[ Al-Muntaqo min Fatawa Al-Fauzan, jilid 3 hal.48, fatwa no.6 ]

3 thoughts on “Perbedaan Hadats Besar dan Hadats Kecil (Syaikh Shalih Al-Fauzan)

  1. Bolehkah apabila kita sudah mandi junub (menghilangkan hadats besar) tidak usah wudhu(menghilangkan hadats kecil)? langsung shalat misalnya?

    [ admin ]
    Jika ketika seorang wudhu’ untuk mandi junub tidak meniatkan untuk sholat maka ia tidak boleh sholat dengannya, karena keumuman hadits “Sesungguhnya amal perbuatan tergantung niatnya, dan seseorang akan dibalas sesuai kadar niatnya.”
    Tapi jika ia meniatkan juga untuk sholat maka pendapat yang kuat adalah boleh insya Allah.

    Suka

  2. Gw pya pertayaan nic misal kan gan kalau kita puasa trs dlm ke adaan masih mmpunyai khadats besar itu gmna ya ? Apkh puasaya sah …?

    —admin—
    Klu hal itu junub, dan junubny sebelum fajar maka puasanya sah… tp wajib mandi ketika telah datang waktu shubuh. Agar bisa melakukan shalat shubuh

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s